Kini Robot yang Dapat Bertingkah Laku Seperti Manusia Sudah Bukan Impian Lagi

12/16/2015
Kini Robot yang Dapat Bertingkah Laku Seperti Manusia Sudah Bukan Impian Lagi

Jalan menuju terciptanya robot pintar selayaknya Terminator maupun Wall-E tampaknya semakin dekat (walaupun belum deket-deket banget sih). Para ilmuwan dari New York University baru saja mengungkapkan hasil penelitian mereka mengenai komputer yang dapat meniru pola pikir manusia ketika menggambar atau menulis huruf tertentu.

Kini Robot Juga Jago Menulis

Para ilmuwan tersebut menciptakan suatu algoritma bernama Bayesian Program Learning atau BPL. BPL ini dapat memberikan robot kemampuan untuk mempelajari konsep atau wujud secara visual melalui contoh tunggal.


Bayangkan, selama ini komputer kita dapat menulis huruf A dikarenakan ia menggenerasi kode yang sebelumnya sudah ditentukan. Melalui algoritma BPL, robot atau komputer dapat menuliskan huruf maupun karakter apapun dalam bentuk visual, seperti layaknya tulisan tangan manusia. Tidak hanya itu, ia juga dapat membuat huruf tersebut tampil dengan beragam variasi, sesuai dengan hasil peningkatan pembelajaran dari tulisan tangan manusia.

Sebagai indikator bahwa teknologi ini sudah mencapai tahap yang mengagumkan, BPL sudah teruji lolos dalam hasil Turing Test. Tes Turing adalah sebuah tes yang diciptakan oleh Alan Turning yang menguji, apakah kecerdasan buatan dapat mengecoh manusia sehingga manusia menganggap bahwa hasil karya dari komputer tersebut merupakan hasil karya manusia.

Jadi, kapan ya robot sudah dapat hadir dan berpikir selayaknya manusia?

Artikel Terkait

First